Buah Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi

Buah penurun kolesterol dapat dikonsumsi untuk membantu keseimbangan kadar kolesterol dan darah tinggi di dalam tubuh. Penyakit kronis seperti jantung serta penyumbatan pembuluh darah diawali dengan tingginya kadar darah tinggi dalam darah. Walaupun penyebab utamanya berasal dari makanan yang kita asup, namun sejumlah sayur dan buah justru mampu menekan jumlah kolesterol.

buah penurun kolesterol

Lemon

Kolesterol sendirinya, bukanlah zat berbahaya bagi kesehatan yang mesti disingkirkan seluruhnya. ia adalah senyawa lemak yang ada pada darah & organ lain pada tubuh serta sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk terus bekerja. Namun jumlah yang terlalu tinggi akan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis. Jika seseorang punya kadar lebih besar dari 240 mg maka tubuhnya dalam keadaan bahaya karena sewaktu-waktu bisa terkena stroke.

Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa mengkonsumsi macam-macam buah berikut agar kadar bisa kembali normal atau tetap menjaganya dalam kondisi yang wajar, dan kunjungi juga artikel makanan penurun kolesterol.

Buah Penurun Kolesterol Dengan Cepat dan Terpercaya

Lemon – Makanan ini mengandung zat pektin yang punya fungsi sebagai buah penurun kolesterol dan media yang baik untuk menyerap gula & lemak. Buah berwarna kuning ini juga punya kadar vitamin C yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi jus lemon secara berkala akan membantu proses pembakaran lemak hingga 30 persen namun harus dilengkapi dengan olahraga rutin.

Delima - Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah delima mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang masuk karena lingkungan yang tidak kondusif & sistem metabolisme yang buruk. Jus delima terbukti mampu menurunkan laju oksidasi kolesterol jahat hingga 40 persen. Hal tersebut akan mengurangi penumpukan pada arteri darah. Selain itu buah delima juga mengandung polifenol yang punya fungsi sebagai flavonoid untuk menurunkan darah tinggi seperti yang ditemukan pada daun teh.

Anggur - Sebuah studi mengungkapkan bahwa 15 pasien arteri koroner yang diberikan buah anggur ungu, tubuh mereka mampu memperbaiki kerja endotel. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan flavonoid di dalam anggur bisa menghalangi kerja platelet dari kolesterol yang membuat darah menggumpal. Lebih jauh penggumpalan akan menyebabkan serangan jantung dan penumpukan plak arteri.

Tomat – Kandungan 9 okso oktadekadienoat (asam lemak) yang ada di dalam buah tomat, terbukti bisa mengatasi kondisi kadar lemak yang tidak normal atau dikenal dengan istilah dislipidemia. Ketidaknormalan kadar lemak dalam darah akan meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada di dalam tomat juga mampu menekan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Alpukat - Buah berwarna hijau ini punya banyak kandungan nutrisi di antaranya adalah vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, Vitamin E, niasin, asam folat, asam pantotenat, zat besi, magnesium, fosfor, glutation, dan kalium. Selain itu alpukat juga kaya akan serat dan lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar darah tinggi dan trigliserida dalam darah.

Sejak dahulu banyak tumbuhan yang dikenal dan terbukti berkhasiat menekan jumlah trigliserida dalam darah. Buah penurun kolesterol  di atas sangat direkomendasikan karena selain murah, buah-buah tersebut mudah ditemukan di pasaran.

Tanaman obat biasanya bisa dikonsumsi mulai dari akar, daun, buah & bijinya untuk memberikan kesembuhan pada jenis penyakit tertentu. Tapi kita mesti ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan atau harus dengan dosis & komposisi yang tepat terutama bagi kondisi tubuh. Mengkonsumsi buah penurun kolesterol juga mesti diperhatikan terutama bagi buah yang memiliki kadar gula & lemak yang tinggi.

© 2013 – 2014, Michael Putra. All rights reserved.

Pencarian Masuk:
Buah Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi | | 4.5

Leave a Reply

Anda mungkin tertarik juga denganclose